Internasional

Damkar Ukraina Dalam Misi Berbahaya Untuk Menyelamatkan Nyawa

Seorang pekerja penyelamat berbicara di telepon sementara timnya memadamkan api di sebuah rumah yang dibom oleh pasukan Rusia di lingkungan perumahan di Kostiantynivka, Ukraina, Jumat, 10 Maret 2023

KOSTIANTYNIVKA, Ukraina — Asap abu-abu tebal mengepul dari atap saat petugas pemadam kebakaran tiba di rumah bata, salah satu dari beberapa rumah yang terkena tembakan Rusia di lingkungan perumahan Kostiantynivka.

Kota di provinsi Donetsk, Ukraina timur, telah dibombardir secara intens dalam beberapa hari terakhir di tengah dorongan Rusia untuk merebut Bakhmut di dekatnya, tempat pasukan Ukraina bertahan selama pertempuran sengit yang dimulai musim panas lalu.

Otoritas Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang Kostiantynivka dengan bom cluster dan rudal. Pavlo Kyrylenko, gubernur provinsi Donetsk, mengatakan satu orang tewas dan sedikitnya tiga warga sipil terluka setelah beberapa putaran penembakan Rusia pada hari Sabtu.

Serangan di kota sehari sebelumnya melukai delapan orang dan menghancurkan atau merusak lebih dari selusin rumah. Rentetan itu telah membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan, yang mengambil risiko besar memadamkan api di gedung dan mobil bahkan saat penembakan berlanjut.

Udara dipenuhi asap dan bau tajam bahan peledak saat petugas pemadam kebakaran membuka selang. Mereka menghancurkan jendela rumah bata dan menyemprotkan air dari luar.

Tidak ada orang di dalam, tetapi seekor anjing terperangkap di dalam kandang di halaman belakang. Seorang petugas pemadam kebakaran membuka gerbang dan anjing itu berlari keluar di tengah asap dan puing-puing.

Kepala unit memanggil timnya untuk menghentikan apa yang mereka lakukan. “Perhatian semuanya. Serangan udara!” dia berteriak.

Petugas pemadam kebakaran berlindung di belakang rumah. Mereka duduk diam saat ledakan meledak dalam jarak dekat. Satu menyalakan rokok.

Tidak jelas apakah ledakan tersebut merupakan gelombang serangan baru atau ledakan sekunder yang disebabkan oleh kebakaran di daerah tersebut. Either way, ledakannya terlalu dekat, dan pemimpin tim memerintahkan semua orang kembali ke truk.

Saat mereka berlari di jalan tanah, ledakan keras lainnya mengguncang lingkungan, mengirimkan kepulan asap ke langit tidak jauh dari rumah yang baru saja mereka tinggalkan.

Most Popular

To Top